Tuesday, December 22, 2015

Antar Ajong Budaya Masyarakat Paloh Kalimantan Barat

Antar Ajong merupakan budaya masyarakat Paloh di kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, yang terletak paling di bagian barat paling utara kalimantan barat, Kecamatan Paloh merupakan wilayah perbatasan dengan negara Malaysia (Serawak).

Kecamatan Paloh terkenal dengan wisata pantainya dan juga budayanya. Salah satu budaya yang terdapat di sana yaitu Budaya Antar Ajong, Biasanya masyarakat setempat mengadakan acara Antar Ajong di Desa Tanah Hitam, yang diikuti oleh desa-desa lain juga.

“Lain Padang Lain Belalang” itulah peribahasa yang artinya Adat dan budaya di setiap negeri maupun daerah berbeda-beda, begitu juga dengan masyarakat Paloh ini, budaya Antar Ajong merupakan bukti bahwa perbedaan budaya di Indonesia sangat beragam.

Tidak hanya masyarakat Paloh yang melestarikan budaya Antar Ajong ini namun di Kecamatan Tangaran juga melestarikan budaya Antar Ajong. Ajong merupakan perahu layar yang digunakan untuk mengirim roh jahat ke lautan dan di isi dengan berbagai  sajian berupa ayam, kue, ratteh, dan banyak lagi.

Masyarakat Paloh mengadakan acara Antar Ajong setiap tahun, biasanya dilakukan ketika musim menanam padi di sawah. Dengan diadakannya acara tersebut masyarakat dapat mengetahui musim tanam padi dan memulainya bersama-sama.

Sebagian besar masyarakat setempat mempercayai bahwa dengan adanya Antar Ajong padi yang mereka tanam akan terhindar dari hama, dan tidak hanya itu sebagian masyarakat juga percaya bahwa acara tersebut dapat menghindarkan dari segala penyakit dan bencana alam.

Antar Ajong

Dalam proses Antar Ajong ada 3 acara utama yang dilakukan masyarakat setempat yaitu yang pertama, persiapan Ajong yang biasanya warga sekitar bermusyawarah terlebih dahulu untuk mengadakan acara Antar Ajong. Kedua, Upacara Besiak merupakan acara yang dilakukan 1 malam sebelum Ajong di antar ke laut. Ketiga, acara pelepasan Ajong ke laut dilakukan pada siang hari setelah upacara besiak biasanya sebelum pelepasan ajong biasanya masyarakat setempat mengadakan sebuah tari-tarian yang diiringi alat musik tradisional.

Tahap Musyawarah atau rencana mengadakan acara Antar Ajong biasanya dilakukan oleh anggota masyarakat yang telah ditunjuk oleh berbagai desa setempat untuk menjadi wakilnya, pembuat Ajong juga biasanya hadir pada tahap rencana acara antar ajong ini, tidak heran juga pada tahap ini juga diperlukan ritual khusus untuk mengetahui hari yang tepat untuk menentukan waktu acara yang tepat.
Antar Ajong Budaya Masyarakat Paloh Kalimantan Barat
Gambar Ajong Sumber: Foto Dino Sariono

Upacara Besiak, merupakan sebuah ritual yang dilakukan oleh orang pintar yang telah ditunjuk untuk menangkap roh-roh jahat yang akan dimasukkan ke dalam Ajong, proses ini biasanya memerlukan banyak ritual yang lain, untuk menangkap roh jahat dibutuhkan seseorang untuk dijadikan media memasukkan roh baik yang akan menangkap roh jahat tersebut.

Pawang adalah sebutan untuk orang yang memanggil roh-roh sedangkan peradi adalah orang menjadi media untuk memasukkan roh baik. Acara tersebut di iringi musik tradisional warga setempat yaitu raddat yang biasanya dilakukan oleh kaum wanita setempat juga.
Pelepasan Ajong ke Laut, nah acara inilah yang di tunggu-tunggu warga sekitar bahkan banyak wisatawan dari luar juga berbondong-bondong untuk menyaksikan pelepasan Ajong ke laut, tak heran jika ratusan warga datang ke tepi pantai untuk menyaksikan acara yang memang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat setiap tahunnya. Sebelum Acara dimulai biasanya di adakan sebuah hiburan bagi pengunjung berupa tarian tradisional, pencak silat dan banyak lagi, acara ini biasanya dilaksanakan di desa Tanah Hitam dan Matang Danau.

Budaya Antar Ajong merupakan bukti bahwa masyarakat Paloh memiliki budaya yang cukup dikenal karena keunikan dan sejarahnya Antar Ajong selalu membuat para wisatawan ingin mempelajari dan melihat proses saat acara berlangsung. Nilai yang dapat kita ambil dari budaya ini adalah gotong royong musyawarah dan cinta akan budaya. Pesan, Melestarikan budaya daerah merupakan kegiatan yang berguna bagi kita generasi penerus agar kekayaan budaya yang kita miliki tidak punah. 

Demikian mengenal Antar Ajong Budaya Masyarakat Paloh Kalimantan Barat, jika ada salah satu informasi yang kami terdapat kesalahan kami mohon untuk memberitahukan dan menghubungi kami di kontak yang telah disediakan, demi kebenaran informasi yang ada Terima Kasih.

0 komentar