Thursday, December 31, 2015

Wisata di Pulau Wakatobi Sulawesi Tenggara Indonesia

Wisata di Wakatobi Indonesia Inilah pulau yang akan membuat anda bangga akan keindahan alamnya, kekayaan alam yang sangat bertebaran di seluruh Indonesia ini sangat banyak yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata dan memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya keindahan alam bawah laut yang menjadi ciri khas tersendiri Pulau Wakatobi di Indonesia yang memukau mata dunia banyak mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri. 

Wakatobi adalah pulau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Asal dari nama Wakatobi merupakan gabungan dari empat pulau, pulau-pulau tersebut adalah WA = Wangi-wangi, KA = Kaledupa, TO = Tomia, BI = Binongko.

Pulau Wakatobi merupakan pulau yang menyimpan keindahan baik dari pantai dan yang terkenal dengan terumbu karang yang indah di bawah laut wakatobi beserta air yang biru merupakan salah satu keindahan yang lengkap untuk para wisatawan yang melakukan diving maupun snorkeling karena anda akan melihat langsung bagaimana kehidupan bawah laut yang memanjakan mata anda. 
Wisata di Wakatobi Sulawesi Tenggara Indonesia

Pulau Wakatobi Indonesia

Seperti yang telah di jelasakan keempat pulau tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan menyimpan rahasia keindahan masing-masing oleh karena itu wisatawan Taman Nasional Wakatobi tidak pernah bosan untuk berkunjung di sana. Wisatawan akan selalu melihat hal yang baru di setiap liburan di Pulau Wakatobi Indonesia

Untuk lebih jelas kita akan bahas satu persatu pulau wakatobi yang terdiri dari empat pulau yaitu pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan pulau Binongko.

Dengan menyelusuri keempat pulau yang ada di Wakatobi merupakan salah satu hal yang wajib jika tidak pasti saja kurang lengkap bukan Wakatobi namanya jika tidak mengunjungi keempat pulau tersebut. Baiklah kami akan membahas satu persatu pulau tersebut.

Pulau Wangi-wangi

Perjalanan yang anda lakukan lebih baik dengan secara berurutan agar namanya tidak beda :). Pulau yang paling terdepan untuk perjalanan pertama anda yaitu pulau Wangi-wangi, pulau ini juga di sebut pulau wanci sangat terkenal dengan kehadiran lumba-lumba yang muncul saat anda dalam perjalanan menuju ke sana, lumba-lumba tersebut biasanya muncul di saat pagi hari sekitar jam 6 sampai dengan jam 8 pagi jika anda beruntung pasti akan melihat lumba-lumba bermunculan. Lokasi munculnya lumba-lumba terletak di perairan Pulau Kapora.

Di pulau Wangi-wangi terdapat kampung Bajo Mola, masyarakat sekitar banyak yang tinggal di perairan merupakan keunikan kampung ini. Untuk kesana anda bisa menggunakan perahu warga sekitar.
Di kampung Bajo kondisi perairannya surut pada sore hari anda bisa mencari dan melihat banyak biota laut karena airnya dangkal. Disana juga ada bulu babi yang merupakan favorit warga di sana, anda bisa makan langsung bulu babi tersebut. Perlu anda tahu bahwa di restoran bulu babi harganya cukup mahal, nah di sini anda bisa mendapatkannya dengan gratis hebat kan?

Indonesia merupakan negeri kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan, dan wakatobi merupakan perairan yang sempurna dengan kondisi terumbu karang yang terbaik di dunia, dengan luas kurang lebih 1,39 juta hektar 97% wilayah kepulauan wakatobi berupa laut. Yang dikelilingi pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 kilometer.

Dengan panorama bawah laut seperti terumbu karang yang indah dan spesies ikan yang eksotis di dalamnya tidak heran kalau wakatobi merupakan destinasi wisata indonesia yang terkenal.
Wisata di Pulau Wakatobi Sulawesi Tenggara

Wakatobi menyimpan kekayaan 750 dari 850 spesies yang ada di dunia oleh karena itu spesies ikan-ikan yang ada di dalam laut cukup beragam dan eksotis tercatat ada 90 jenis ikan yang ada di dalamnya. Bagi wisatawan yang ingin diving untuk melihat langsung biota tersebut bisa menyewa perlatan diving atau jika anda menggunakan paket wisata yang ada biasanya sudah di siapkan oleh mereka.

Pulau Kaledupa

Disini katanya ada danau air asin yaitu danau Sombano yang merupakan keunikan pulau ini. Di sana juga ada penangkaran udang merah. Untuk menuju ke sana anda juga menggunakan alat transportasi air, setiba di pulau anda harus berjalan lagi untuk menuju danau Sombao, air danau ini juga sangat jernih dan indah. 

Jika anda berada di danau ada hal yang tidak boleh dilakukan yaitu mengambil dan membunuh udang merah karena merupakan salah satu peraturan yang telah ada di sana. kita tahu menjaga kelestarian danau dan menjaga keaslian alam danau merupakan salah satu tujuan adanya peraturan tersebut di buat. maka dari itu kita sebagai wisatawan yang baik harus mentaati peraturan yang ada di sana.

Di dekat pulau Kaledupa yaitu Pulau Hoga yang paling terkenal di Wakatobi, Pulau hoga terpisah dengan pulau Kaledupa, sehingga anda harus melakukan perjalanan lagi menggunakan transportasi air, di sana anda harus siap-siap karena signal juga susah. Di sana anda dapat melakukan freediving menikmati biota bawah laut yang indah inilah yang akan membuat anda bangga dengan keindahan alam Indonesia.

Di Pulau Hoga juga di siapkan dive resort untuk para wisatawan, anda dapat menginap di sana ataupun melanjutkan perjalanan lagi ke pulau selanjutnya yaitu pulau Tomia.

Pulau Tomia, Pulau ini terdapat dua kecamatan yang pertama adalah kecamatan Tomia Induk dan yang kedua adalah kecamatan Tomia Selatan. Di pulau ini juga telah disediakan penginapan untuk di sewa oleh turis dari luar negeri maupun wisatawan Indonesia yang bernama Tandiono Wakatobi Dive Center harga penginapan di sana lumayan bersahabat. 

Di pulau Tomia selain keindahan pantainya anda juga dapat melihat situs benteng bersejarah yaitu Benteng Patua tempat itu merupakan situs cagar budaya yang ada di kepulauan Tomia, keberadaan situs tersebut di atas bukit yang lumayan tinggi. Jika anda ingin kesana jangan lupa bawa air minum biar tidak kelelahan. 

Pulau Binongko, Satu lagi kekayaan alam yang ada di yaitu pulau Binongko, pulau ini merupakan salah satu gugusan kepulauan besi di wilayah kabupaten Wakatobi. Letak pulau ini tepat di selatan pulau Tomia. Di sana anda dapat menikmati keindahan pantai dan bisa juga Diving dan Sonrkeling di air laut yang jernih dengan kekayaan biota dan terumbu karang yang tidak kalah dengan pulau lainnya di Wakatobi.

Keindahan yang alami di setiap Pulau Wakatobi ini merupakan salah satu rekomendasi yang harus anda kunjungi, namun jika ingin pergi ke empat pulau yang kami rekomendasikan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, anda bisa saja menginap beberapa malam untuk melengkapi perjalan di empat pulau tersebut.
Pulau Wakatobi Indonesia

Penginapan dan Tips Wisata di Wakatobi

Anda juga harus tahu tempat penginapan yang ada di Wakatobi saat perjalanan, agar dapat dengan mudah memilih mana yang cocok dan nyaman ditempati, tentu saja sesuai dengan isi dompet. Menurut informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber ada beberapa penginapan yang direkomendasikan untuk anda. Penginapan yang tersedia di Wakatobi terdiri dari Villa, Resort, dan Bunglow, di pusat kota Wakatobi terdapat hotel yaitu Hotel Wakatobi dengan harga yang lumayan agak tinggi.

Jika wisatawan ingin tempat yang lebih bersahabat anda juga bisa memilih Hotel Lina yang terletak di Jln. Wolter Monginsidi Mandati II di pulau Wangi-wangi ada juga hotel Al Azizah di wangi-wangi selatan. Sedangkan di Pulau Tomia terdapat sebuah resort kelas internasional tentu saja harganya tidak murah, Resort Patuno Wakatobi. Silahkan pilih menurut anda yang cocok karena kantong anda Di pulau Kaledupa ada penginapan Madya Siru. mempengaruhi kenikmatan anda saat berada di Wakatobi.

Tips berwisata di Pulau Wakatobi, yang pertama adalah dengan membawa perlengkapan lengkap dan teman atau keluarga agar liburan anda terasa lebih berkesan. Bawalah uang Cash dan ATM setidaknya cukup untuk pulang nantinya. Wisatawan yang baik harus menjaga kelestarian alam yang indah di pulau wakatobi oleh karena itu jangan merusak keindahan alam di sana, seperti membuang sampah sembarangan di laut.

Nah bagaimana? Ayo rencanakan liburan anda ke Pulau Wakatobi sekarang juga. Cukup sekian informasi yang kami berikan yang kami dapatkan dari berbagai sumber tentang Wisata di Wakatobi Sulawesi Tenggara–Indonesia. Terima Kasih.

0 komentar