Saturday, January 9, 2016

Wisata di Taman Nasional Komodo 7 Keajaiban Dunia

Wisata di Pulau Komodo – Kekayaan Alam di Indonesia memang tidak ada habisnya maka dari itu kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia, Pulau Komodo merupakan salah satu kebanggaan negara Indonesia karena dengan keunikan dan kekayaan alamnya yang sangat di kenal dunia.

Maka dari itu tidak heran jika banyak turis dari luar negeri mendatangi pulau ini, tidak hanya itu Pulau Komodo juga merupakan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia yang sudah di akui UNESCO karena kelangkaan tempat ini merupakan salah satu sorotan dunia, bayangkan di dunia yang luas ini salah satu dari 7 keajaiban ada Indonesia itu membuktikan bahwa Indonesia memang sangat di kenal dengan keindahan alam dan keunikannya.

Pulau Komodo telah dijadikan Taman Nasional Komodo (Komodo National Park), merupakan pulau yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores Indonesia bagian Timur, lebih detail terletak di Kecamatan Komodo, Kab. Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Taman tersebut diresmikan pada tanggal 6 Maret, Tahun 1980, terdiri dari 3 bagian besar pulau yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar dan diikuti beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sudah sangat lama sekali berdirinya Taman Nasional Komodo dan pada akhirnya tahun 2011 Pulau Komodo resmi menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.
Wisata di Taman Nasional Komodo 7 Keajaiban Dunia
Komodo di Taman Nasional Komodo
Komodo (Varanus komodeonensis) merupakan hewan purba yang masih ada pada saat ini, namun keberadaanya sudah sangat langka di dunia, satu-satunya yang paling banyak adalah di Indonesia yaitu di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Hewan ini tinggal di alam terbuka memang sangat cocok tinggal di daerah pulau komodo, rinca dan radar yang memiliki luasnya padang rumput dan iklim yang mendukung untuk tempat bertahan hidup. Komodo merupakan hewan reptil yang mirip seperti kadal yang membedakannya adalah ukuran mereka saja. 

Banyak hal-hal yang menarik jika anda berwisata di sana, karena keindahan setiap pulau yang ada di sana memiliki ciri khas tersendiri dengan Pesona Alam yang menarik. Maka dari itu anda harus bisa mengunjungi setiap pulau yang menarik tersebut.

Adapun tempat wisata yang sangat direkomendasikan saat berwisata di Pulau Komodo seperti, Taman Nasional Komodo yang ada di 3 bagian besar pulau yang merupakan pulau tempat tinggal habitat asli komodo yaitu Pulau Rinca, Radar dan Pulau Komodo, di 3 bagian pulau tersebut anda dapat melihat komodo karena Taman Nasional komodo bukan hanya di pulau komodo saja.

Tidak hanya terkenal dengan hewan komodonya,Taman Nasional Komodo juga dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya, anda bisa menyelam sambil menikmati keindahan alam yang di sediakan di tempat-tempat yang sudah di tentukan untuk menyelam, dengan arus yang cukup deras anda juga harus mematuhi pemandu wisata saat ingin menyelam.

Pemandangan pantai juga sangat mencolok berbagai pulau di sekitar pulau komodo, ada pantai yang populer di sana yaitu pink beach yang memiliki pasir berwarna pink merupakan keunikan pantai ini, para wisatawan biasanya selalu menungjungi tempat ini karena merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di sana.
Wisata di Taman Nasional Komodo

Menurut pemandu di sana jika anda ingin berkunjung dan melihat komodo ada juga yang di larang terutama pada wanita yang lagi haid, disebabkan oleh penciuman komodo yang begitu tajam terhadap bau amis yang dikeluarkan dari darah haid maka dari itu anda harus hati-hati dan jangan pergi ke sana bagi yang haid, dan juga ada larangan menggunakan baju merah, informasi ini kami dapatkan dari pemandu (ranger) yang ada di sana. Jika ingin aman patuhi saja apa yang di sarankan oleh pemandu atau pawang yang ada di sana.

Sejarah Pulau Komodo

Pulau komodo dikenal dengan sebutan pulau komodo pada tahun 1910 yang di temukan oleh pasukan belanda dengan pimpinan yang bernama Letnan Steyn van Hens Broek, pasukan tersebut memberi tahu kepada pimpinan mereka bahwa ada seekor binatang yang mirip Naga di sebuah pulau.

Untuk membuktikan laporan anak buahnya pimpinan tersebut mendatangi langsung pulau tersebut dan melihat langsung hewan komodo, kemudian dia membunuh salah satu komodo tersebut untuk di teliti dan di bawa ke museum and Botanical Garden dengan hasil yang menyatakan hewan tersebut adalah salah satu hewan purba.
Mereka sepakat untuk memberi nama hewan tesebut yaitu “komodo” oleh karena pulau tersebut merupakan habitat asli dari hewan komodo yang mereka teliti, maka dari itu pulaunya juga dinamai sebagai Pulau Komodo.

Pada tahun 1986 Pulau Komodo masuk dalam finalis New Seven Wonders of Nature. Hal tersebut disebabkan kelompok Komodo terbesar di dunia hanya ada di Taman Nasional Komodo, namun keindahan alam yang sangat menawan sangat mendukung terpilihnya taman ini sebagai finalis yang diresmikan UNESCO.

Kegiantan Saat Wisata Di Pulau Komodo

Pulau komodo dan sekitarnya merupakan tempat wisata yang bertebaran anda dapat merasakan hal-hal yang baru saat berwisata di pulau komodo, kegiatan yang bisa anda lakukan saat berwisata ke pulau komodo tentu saja melihat hewan langka komodo, namun masih banyak hal lagi yang dapat kamu lakukan yang tidak kalah menarik dari hewan komodo, misalnya menyelam, menikmati keindahan pantai terutama pantai pink beach, menikmati keindahan pulau-pulau kecil dengan menaiki speedboat anda bisa melihatnya dari laut dan lain-lain.

Berikut ini adalah rekomendasi dari kami. Ada beberapa hal yang sangat direkomendasikan untuk menikmati wisata ke pulau komodo, selain melihat komodo. Yang pertama adalah mengunjungi pulau-pulau yang berada di sekitar menggunakan speedboad terutama pulau rinca dan sekitarnya yaitu pulau Kanawa.

Karena pulau ini memiliki keindahan dan fasilitas yang sangat mendukung untuk anda yang ingin bersantai dan menikmati keindahan pantai. yang kedua anda dapat menyaksikan keindahan pantai Pink Beach merupakan pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu pasir pantai yang berwarna pink. Yang ketiga adalah menikmati makanan khas pulau komodo di sana banyak menyiapkan makanan bernuansa makanan laut (seafood).
Kegiantan Saat Wisata Di Pulau Komodo
Wae Rebo foto Rumah adat Mbaru

Jika anda berada di Labuan Bajo sanga direkomendasikan untuk mengunjungi salah satu tempat penduduk di sana yang sangat unik yaitu Wae Rebo, banyak turis dan wisatawan lokal yang berkunjung di sana, karena kunikan dari rumah Adat Mbaru yang berbentuk kerucut berdiri tegak dan melingkar, dan juga keramahan penduduk yang berada di sana, anda juga dapat mengambil beberapa pelajaran dari penduduk setempat bagaimana mereka bisa hidup dengan alam.

Namun jika anda bersedia menyumbangkan beberapa buku untuk masyarakat khususnya buat para adik-adik kita yang di sana. Karena pada dasarnya mereka adik-adik kita yang ada di sana banyak yang membutuhkan buku-buku bacaan dan sekalian ajarkanlah mereka membaca, karena itu kunjungan anda akan tidak sia-sia sekaligus belajar dan berbagi pengalaman kepada mereka.

Tips Berkunjung ke Pulau Komodo

Untuk berkunjung ke Pulau Komodo hal yang pertama anda harus lakukan adalah mencari pemandu wisata dan pawang yang sudah berpengalaman di Taman Nasional Pulau Komodo.
  1. Pakai sepatu yang memadai seperti sepatu booth agar terhidar dari sengatan ular dikarenakan disana banyak terdapat ular yang biasa hidup di bawah tanah yang bersembunyi di padang rumput di sekitarnya.
  2. Membawa tongkat untuk berjaga-jaga apabila kita jauh dari pawang saat menjumpai seekor komodo karena komodo takut jika kita gertak menggunakan tongkat, namun sebelumnya belajar terlebih dahulu kepada pawang.
  3. Pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan prima, untuk menjelajahi pulau komodo sangat menguras energi jadi persiapkan diri anda sebelumnya
  4. Persiapan kebutuhan pribadi seperti minuman dan makanan ringan.
  5. Sebaiknya tidak dalam kondisi haid bagi wanita, karena penciuman komodo sangat tajam dan komodo sangat tertarik dengan bau amis yang di keluarkan oleh darah. Jika tidak ingin bahaya maka sebaiknya anda tidak pergi ke sana dalam kondisi haid.
Sekian saja yang dapat kami informasikan bagi anda yang ingin pergi berwisata ke pulau Komodo, kami harap dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk Menikmati Wisata di Taman Nasional Pulau Komodo. Sumber informasi yang kami dapatkan tentu saja dari berbagai sumber yang dapat dipercaya, Terima Kasih

0 komentar