Friday, February 24, 2017

Air Terjun Terinting Wisata di Kabupaten Landak


Kalimantan Barat adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia, selain termasuk sebagai pulau terbesar di dalamnya juga terdapat banyak sekali objek wisata di kalimantan barat yang tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah air terjun Terinting yang merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kalbar ini, apalagi di dukung dengan keindahan hutan tropis yang melengkapi keindahan air terjun Teringing.

Disetiap daerah hutan kalbar, masih banyak sekali tersimpan kekayaan alam yang amat sangat membuat kita tercengang akan keindahannya apalagi hutan di kalimantan barat ini masih banyak yang terjaga keasliannya.

Air Terjun Terinting ngabang, Kalbar

Air terjun Terinting juga akrab di sebut air terjun Terintik dan rombo terintik adalah salah satu tempat wisata di kalbar yang sudah di kenal namun masih belum banyak yang melihat langsung keindahannya.

Air Terjun Terinting

Air terjun Terinting yang mencapai ketinggian kurang lebih 50 Meter ini terletak diujung Kab Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sempatung Lawuk, yang masih terletak di wilayah Serimbu.

Lokasi Air terjun Terinting boleh dikatakan sangat jauh, maka dari itu butuk tenaga extra bagi wisatawan yang ingin ke sana, air terjun terinting ini terletak tepat di ujung dusun Engkangin dan dusun Jamu.

Dua dusun tersebut bisa dijadikan tempat peristirahatan bagi wisatawan yang datang dari jauh. Kenapa harus beristirahat di sana? Karena perjalanan menuju air terjun terinting masih panjang, butuh waktu sekitar 6-7 jam untuk sampai ke air terjun Terinting.

Namun sangat di sarankan agar wisatawan untuk pergi di sana saat cuaca cerah, karena jika di waktu hujan maka perjalan akan terasa sulit dan berbahaya, karena akses jalan banyak mendaki dan licin, demi keselamatan maka pilihlah cuaca yang mendukung agar pejalanan terasa sangat menyenangkan. Agar dapat selfie manis di depan kamera dan make up (bagi wisatawan cewek) tidak luntur hehe.

Wilayah Serimbu sangat dikenal dengan wisata alam air terjun karena terdapat banyak sekali air terjun yang dapat kita kunjungi di sana, seperti air terjun riam dait, air terjun melanggar atau biasa di sebut Bananggar, Bannanggar dan Managar selain itu ada juga air terjun Riam Bedawat dan air terjun Tikalong.



Sebenarnya masih banyak air terjun yang berada di sekitarnya, yang belum kami ketahui, untuk itu bagi yang ingin mempromosikan air terjun lainnya boleh juga memberikan referensi kepada kami di komentar hehe...

Baca Juga: Pesona Air Terjun Riam Dait Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Terinting

Sebenarnya banyak wisatawan yang ingin pergi ke air terjun Terintik namun, dengan jarak yang tidak mudah untuk di tempuh mungkin salah satu hal yang menghambat untuk pergi ke sana. Dan ada banyak juga yang masih belum tau rute perjalanan menuju ke sana.

Namun sebagian para pecinta alam tidak patah semangat untuk melangkahkan kaki dan memijakkan kakinya di air terjun terinting, karena bagi para pecinta alam jarak yang ditempuh itu bukanlah masalah bagi mereka, hal yang terpenting dalam berpetualang adalah mencapai tujuan dan menikmati keindahan alam dan menjaganya itu adalah bayaran yang setimpal bagi mereka.
Disini kami ingin sedikit menjelaskan rute perjalanan menuju air terjun Terinting, bagi kamu yang melakukan perjalanan dari Pontianak. Maka jalur yang akan ditempuh yaitu Pontianak menuju Kabupaten Landak atau daerah Ngabang waktu diperkirakan sekitar 4 sampai 5 jam dengan kecepatan 60-40km/jam.

Baca juga: Air Terjun Riam Merasap di Sajingan Besar

Setelah itu kita akan menuju daerah serimbu hingga mencapai dusun Engkangin dan Dusun Jamu sebagai tempat peristirahatan untuk sampai ke sana juga membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam, kemudian kita melanjutkan perjalanan lagi seperti yang telah kami jelaskan di atas, yaitu berjalan kaki sekitar 6-7 jam dengan jalan setapak dan mendaki.

Tips Wisata di Air Terjun Terinting

Bagi yang ingin pergi wisata ke air terjun terinting sebaiknya membawa uang, ya kalau tidak membawa uang pasti tidak sampai di sana hehe. Untuk pergi ke sana sebaiknya cek kondisi kendaraan merupakan hal terpenting baik roda dua maupun roda empat, dan pastikan bahan bakar tidak dalam kondisi kritis, jika sudah mau habis langsung isi saja.

Membawa persiapan makanan dan minuman yang cukup, ukuran cukup bagi masing-masing aja, karena porsi makanan kita beda-beda. Selain itu pastikan membawa pakaian ganti dan membawa sepatu yang cocok untuk mendaki.

Mungkin hanya sampai di situ saja informasi tentang wisata air terjun Terinting di Kabupaten Landak, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi yang ingin berkunjung ke sana. Sekian dan terima kasih.

0 komentar