Friday, March 24, 2017

Air Terjun Riam Berawan Bagaikan Bongkahan Emas di Tengah Rimba

Media sosial merupakan salah satu tempat dimana kita bisa mempromosikan tempat wisata di daerah kita, nah akan lebih baik jika menggunakan media sosial untuk itu, daripada share berita-berita hoax lebih baik anda sharing tentang tempat wisata yang cukup menghibur ini, mudah-mudahan cukup bermanfaat dan berdampak positif bagi pariwisata daerah kita.

Oleh karena itu mari kita promosikan tempat-tempat wisata di daerah kita melalui media sosial maupun di media lainnya, untuk pembahasan kali ini kami akan menyorot keindahan alam yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Air Terjun Riam Berawan

Air terjun merupakan salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi, di Bengkayang salah satu air terjun memiliki daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan yaitu air terjun riam berawan’t atau sering di sebut dengan riam berawan. Asal kata Berawan’t di ambil dari bahasa Dayak warga setempat yang memiliki arti Emas.

Asal air terjun Berawan’t yang memiliki arti emas sebagai ungkapan warga setempat bahwa air terjun ini merupakan harta yang sangat berharga yang memiliki keindahan yang sangat mempesona oleh sebab itu tidak berlebihan jika kami memberi judul artikel kali ini dengan air terjun riam berawan bagaikan bongkahan emas di tengah rimba.
Pesona Air Terjun Riam Berawan
Air Terjun Riam Berawan foto by: Egi Fadli

Lokasi air terjun Riam Berawan ini terletak di daerah perbukitan yang terdapat banyak anak-anak sungai, oleh sebab itu terdapat banyak air terjun di sana. Air terjun berawan ini hanya salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Air terjun ini juga dikelilingi oleh hutan yang masih alami dan masih terjaga dan juga jauh dari keramaian kota. Bagi anda yang selalu sibuk dengan pekerjaan kantor dan bosan dengan suasana keramaian kota tidak ada salahnya jika sekali-sekali anda meninggalkan mereka sejenak dan hiburlah diri anda dengan menikmati keindahan alam.

Menikmati Suasana Air terjun

Apa saja yang bisa anda nikmati di sana sebagian besar gratis, karena fasilitas yang tersedia terlahir dari alam. Cara paling asik menikmati keindahan air terjun bisa anda lakukan dengan berbagai cara seperti berenang, memancing, bersantai-santai dan lain-lain.
Biasanya para pengunjung lebih memilih berenang dan bermain air untuk menikmati susasana air terjun berawan, namun tak jarang juga mereka membawa alat pancing, selain itu bagi anda pecinta photography pemandangan air terjun berawan ini sangat cocok untun menyalurkan bakat.

Wisata Air Terjun Riam Berawan
Menikmati suasana air terjun riam Berawan foto by: Egi Fadli
Namun meskipun semua itu berada di tengah hutan, pihak warga setempat juga memberikan beberapa peraturan yang harus anda perhatikan. Terutama bagi yang ingin bermalam di sana, warga setempat menyarankan untuk melapor terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga : Keindahan Bukit Jamur di Bengkayang

Nah tunggu apalagi? Masih betah liburan di keramain kota? jangan biarkan diri anda terperangkap oleh keramaian kota, sekali-sekali pergilah berwisata untuk menghilangkan rasa jenuh dan stress selain itu pasti banyak cerita nantinya saat anda pulang dari sana.

Akses Menuju Air Terjun Riam Berawan

Akses menuju air terjun riam berawan jika di hitung dari pusat kota menuju dusun Melayang kurang lebih sekitar 76 km memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setelah itu, dari dusun melayang menuju air terjun berawan anda disarankan untuk berjalan kaki sekitar 40-50 menit. Dalam perjalanan menuju air terjun juga tidak terasa lelah karena anda akan dimanjakan oleh hutan lebat dan pemandangan yang mungkin belum pernah anda temukan.
Akses menuju air terjun riam berawan
Plang lokasi menuju air terjun berawan foto by: Egi Fadli
Untuk penyimpanan kendaraan itu sendiri masyarakat setempat bersedia untuk menampung penitipan kendaraan. Sedangkan untuk makanan sebaiknya anda membawa bekal secukupnya, karena disana tidak banyak warga yang membuka toko dan cukup jauh untuk di jangkau.

Baca Juga: Pesona Air Terjun Riam Dait Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Untuk biaya parkir biasanya warga memberikan tarif sebesar Rp.5000 rupiah (harga sewaktu-waktu bisa berubah) sedangkan untuk masuk ke lokasi air terjun tidak dikenakan tarif alias gratis.

Bagaimana? Kalau berminat ajaklah teman-teman anda untuk pergi ke sana dan jika suka dengan apa yang kami tulis di sini akan lebih baik dibagikan ke sosial media daripada menyebar berita hoax hehe.

Demikian saja informasi tentang air terjun berawan di kabupaten bengkayang selain itu kami juga sangat berterima kasih kepada saudara Egi Fadli yang telah bersedia mengirimkan hasil foto wisatanya, sekian dan terima kasih

0 komentar