Sunday, April 23, 2017

Bukit Sebayan Negeri di atas Awan Versi Tayan Hilir

Para Pendaki mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama “Bukit Sebayan”, karena memang bukit ini salah satu tempat favorit bagi para pendaki. Kebanyakan pendaki yang datang ke sana berdomisili di Kalimantan barat, itu disebabkan karena bukit sebayan masih belum di kenal luas.

Untuk itu kami ingin sekali memperkenalkan keindahan bukit Sebayan ini agar di kenal oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Bukit Sebayan adalah salah satu bukit yang berada di dusun Jeramun, Desa Sejontang, Kecamatan Tayan Hilir yang merupakan bagian dari salah satu kecamatan di kabupaten Sanggau, letaknya di bagian barat wilayah kabupaten Sanggau.
Keindahan Bukit Sebayan
Bukit Sebayan, Foto by: Tari Sera

Diatas adalah salah satu foto teman facebook yang bernama Tari Sera adalah pendaki cewek yang datang dari jauh untuk menyaksikan keindahan alam yang membentang luas di bumi khatulistiwa.

Bukit Sebayan Tayan Hilir

Bukit Sebayan merupakan salah satu di antara bukit yang ada di tayan hilir, namun dari sekian banyak bukit pilihan pendaki adalah Bukit Sebayan, Kenapa demikian? Karena bukit ini merupakan spot yang sangat tepat untuk menikmati keindahan alam yang berada di sekitar tayan hilir dari atas.

Pemandangan yang indah baik itu saat sunset maupun sunrise bisa anda nikmati di sini, kebanyakan pendaki bermalam demi untuk mecicipi keindahan matahari terbit itu disebabkan di pagi hari bukit Sebayan akan diselimuti awan dan embun pagi yang seolah-olah kamu akan berada di negeri di atas awan.
Keindahan bukit Sebayan saat fajar tiba
Pemandangan Sunrise bukit Sebayan  foto by Tari Sera
Selain itu bukit Sebayan memang tergolong mudah untuk di capai karena letaknya mudah dicapai yaitu di kecamatan Tayan hilir yang masih stategis dan terletak di jalur Trans Kalimantan, dan berada pada jalur sungai kapuas.

Tips menuju Bukit Sebayan

Jika anda berada di wilayah ibukota kalimantan Barat (Pontianak) perjalanan menuju Tayan Hilir akan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk kecepatan berkendara sekitar 60-70 km/jam. 

Jika anda sudah berada di dusun Jeramun, Desa Sejontang, Kecamatan Tayan Hilir sebaiknya anda mengecek kembali perlengkapan untuk melanjutkan perjalanan menuju bukit, dan jangan lupa minta izin kepada kepala dusun setempat dan sebaiknya anda juga melihat keadaan cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat.
Selain itu perhatikan juga persiapan untuk pejalanan seperti air, dan memakai sepatu khusus untuk hiking demi keamanan dalam perjalanan.

Sedangkan untuk perlengkapan bermalam juga sebaiknya perlu diperhatikan terlebih dahulu seperti tenda, peralatan masak, bahan makanan, dan sebagainya.

Oh iya untuk mengabadikan momen indah ini sebaiknya jangan lupa juga membawa kamera agar keindahan kebersamaan dalam pendakian anda akan bisa dikenang sepanjang masa hehe.
Spot untuk bermalam foto by Tari Sera
Setelah sampai biasanya pendaki mencari spot yang aman untuk bermalam untuk menunggu sang fajar tiba, pada saat malam hari biasanya banyak acara yang bisa dilakukan seperti bernyanyi bersama-sama ada yang bermain kartu dan lain-lain. Kebersamaan saat itulah yang sangat sulit dilupakan oleh para pendaki.

Setalah fajar tiba, maka di saat itulah anda dapat menikmati pesona bukit sebayan yang ditunggu-tungu, yang mana anda akan merasakan kekaguman dan bangga menjadi rakyat Indonesia karena kekayaan alam yang melimpah di mana-mana dan dapat dinikmati dengan biaya yang murah.
momen di bukit sebayan
Mengabadikan momen indah di bukit sebayan foto by Tari Sera

Namun setelah menikmati keindahan alamnya sebaiknya anda juga berusaha untuk menjaganya, dengan cara tidak merusak dan mengotori tempat yang indah itu.

Oleh sebab itu jangan tingggalkan sampah saat anda meninggalkan Bukit Sebayan, biarlah jejak yang dan cerita indah yang akan selalu berada di sana.

Demikian informasi kami tentang Bukit Sebayan Negeri di atas awan versi tayan hilir, jika ada kesalahan informasi maka kami harapkan sekali koreksi dari anda, sekian dan terima kasih.

0 komentar