Sunday, July 23, 2017

Pulau Derawan Surga Biru di Kalimantan Timur

Pulau Derawan mungkin tak banyak dari anda yang familiar dengan nama pulau yang satu ini. Bukan bagian dari pulau Bali yang terkenal, juga bukan bagian dari Raja Ampat yang mulai sering dipuja-puja. Derawan merupakan pulau di ujung Kalimantan yang masih jarang diketahui oleh para wisatawan.

Wisata pulau Derawan walau tidak kalah dari wisata pulau-pulau lainnya, tapi masih banyak yang belum mengetahui di mana dan apa saja keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau yang satu ini. Oleh karena itulah, menjadi kehormatan bagi kami untuk memperkenalkan pulau Derawan dan keindahan surga biru miliknya.
Lokasi Pulau Derawan
Pulau Derawan source: Pinterst
Lokasi pulau Derawan berada di ujung timur pulau Kalimantan tepatnya di kabupaten Berau. Kabupaten ini berbatasan darat dengan negara Malaysia. Di sekitar pulau Derawan ini pun terdapat berbagai macam pulau lain yang tidak kalah indahnya, misalnya pulau Mataha, pulau Maratua, pulau Sangalaki, dan masih banyak yang lainnya. Kepulauan ini dikenal juga dengan nama Kepulauan Derawan.

Surga Biru Pulau Derawan

Pulau Derawan identik dengan lautnya yang berwarna biru sebiru langit, dan langitnya yang berwarna biru sebiru laut. Keindahan alam pantai yang ditawarkan pulau Derawan ini sungguh sangat mengagumkan. Sebagai salah satu pulau yang dikelilingi oleh laut biru dan jernih, tentu andalan wisata pulau Derawan ini adalah keindahan laut dan organisme lautnya.

Sebagai seorang wisatawan, tentu tidak lengkap rasanya jika anda belum pernah menyaksikan sendiri keindahan alam bawah laut pulau Derawan ini. Pulau kecil berukuran 1,3 hektar ini menawarkan keindahan terumbu karang untuk dilihat dengan mata telanjang. Koleksi terumbu karang di pulau Derawan diketahui merupakan koleksi terbanyak kedua setelah koleksi terumbu karang yang dimiliki oleh Kepulauan Raja Ampat. 
Termubu Karang Kepulauan Derawan
Terumbu Karang Pulau Derawan Source: Pinterest

Keunggulan dari wisata terumbu karang di pulau Derawan ini adalah kemudahan untuk melihat terumbu karang dan ikan hidup berdampingan dengan manusia, tanpa khawatir habitatnya rusak dan musnah.

Selain wisata terumbu karang, pulau Derawan juga memiliki konservasi penyu. Anda tentu akan tertarik menyelam dan berenang bersama dengan penyu-penyu yang hidup bebas di lautan. Sambil berenang bersama penyu anda pun dapat menikmati keindahan ikan-ikan yang dimiliki oleh laut lepas pulau Derawan ini.

Baca Juga: Keindahan Pulau Randayan di Kalimantan Barat

Keindahan tumbuh-tumbuhan tropis di pulau ini pun menjadi daya tarik sendiri. Pulau Derawan dipenuhi dengan pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi menyusuri tepi laut. Pantai menjadi lebih sejuk dengan keberadaan pohon-pohon kelapa ini. Selain pohon kelapa, anda juga dapat menikmati indahnya hutan mangrove. Wisata hutan mangrove ini dilakukan dengan menggunakan kapal yang berjalan menyusuri hutan.
Setiap hal yang ditawarkan oleh pulau ini sangat indah dan masih terjaga keindahannya. Pulau yang masih bersih, laut biru dan kasat mata, juga keselurahan pulau yang tidak terkena tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, juga merupakan keuntungan dari wisata pulau Derawan ini. Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau ini, maka anda perlu mengetahui tips perjalanan menuju pulau Derawan.

Tips Perjalanan menuju Pulau Derawan

Wisata menuju pulau Derawan tentu sangat menarik bagi anda. Oleh karena itu, berikut kami sediakan tips perjalanan menuju pulau Derawan yang dapat anda coba. Tips ini berkaitan dengan transportasi dan akomodasi yang dapat anda jadikan pilihan dan pertimbangan selama berwisata ke pulau Derawan.

Perihal transportasi, tentu anda yang tidak berasal dari Kalimantan harus menempuh jalur udara menggunakan pesawat terbang. Ambillah rute pesawat yang berhenti di kota Balikpapan. Transportasi selanjutnya dari Balikpapan menuju pulau Derawan terdapat dua pilihan, yaitu penerbangan ke Tarakan atau penerbangan ke Berau.

Keduanya memiliki akses menuju pulau Derawan namun dengan biaya dan jarak yang berbeda. Tarakan memiliki jarak tempuh yang lebih jauh namun biaya lebih murah, sedangkan Berau memiliki jarak tempuh yang lebih cepat namun biayanya lebih mahal.

Setelah sampai di Tarakan atau Berau, anda dapat melakukan penyeberangan ke pulau Derawan dengan menggunakan kapal. Jika anda menggunakan jalur darat di Kalimantan, maka anda cukup menaiki bus apa saja yang menuju ke Balikpapan atau Tanjung Redeb. Transportasi dari Tanjung Redeb ke pulau Derawan kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan speedboat. 
Tips Wisata ke Pulau Derawan
Tips Menuju Pulau Derawan Source: Pinterest

Selanjutnya perihal akomodasi, pulau Derawan walau masih sepi dan belum banyak wisatawan namun sudah memiliki beberapa resort ataupun homestay untuk menjadi pilihan anda. Harganya pun berbeda-beda sesuai dengan pelayanan yang tersedia. Namun, anda jangan mengharapkan adanya hotel di pulau Derawan ini. 

Itulah tadi beberapa informasi mengenai wisata pulau Derawan surga biru di Kalimantan Timur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk merencanakan perjalanan anda menuju pulau Derawan dengan baik.

0 komentar