Monday, July 24, 2017

Pulau Kakaban, Melihat Ubur-Ubur Berenang Bebas di Timur Kalimantan

Kali ini kami akan kembali menceritakan mengenai keindahan alam yang hanya dapat anda temui di Kalimantan Timur. Pulau Kakaban merupakan satu lagi pulau di kepulauan Derawan, yang tidak boleh terlewatkan oleh anda pecinta wisata alam bawah laut.

Sebagai bagian dari kepulauan Derawan, tentu pulau Kakaban juga berlokasi di lautan yang berdekatan dengan pulau-pulau lain seperti pulau Derawan, pulau Maratua, dan pulau Sangalaki.

Akan tetapi, banyaknya pulau di kepulauan Derawan ini tidak berarti apa yang ditawarkan setiap pulau adalah sama. Setiap pulau memiliki keunikannya sendiri, seperti apa yang dimiliki oleh pulau Kakaban ini.
wisata pulau kakaban di kalimantan timur
Pulau Kakaban, source:pinterest

Wisata pulau Kakaban diketahui menawarkan danau Kakaban yang unggul dengan keberadaan ubur-ubur yang berenang bebas di danaunya. Tentu keberadaan ubur-ubur inilah yang menjadi ciri khas pulau Kakaban dibandingkan pulau-pulau lain disekitarnya. 

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai ubur-ubur yang ada di pulau Kakaban ini, berikut adalah beberapa informasi mengenai pulau Kakaban yang berhasil kami himpun.

Menikmati Interaksi dengan Ubur-Ubur yang Tidak Menyengat


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pulau Kakaban yang berukuran kurang lebih 70 hektar ini merupakan salah satu pulau tetangga dari pula Derawan. Oleh karena itu, transportasi yang anda perlukan untuk menuju pulau ini pun tidak berbeda jauh dengan menuju pulau Derawan. 

Atau bagi anda yang memang berniat mengunjungi salah satu pulau di kepulauan ini, agar tidak menyesal maka kunjungilah juga beberapa pulau lainnya. Karena kapan lagi anda dapat berenang bersama ubur-ubur?
Ubur-ubur di danau kakaban, source: pinterest

Ubur-ubur di pulau Kakaban diketahui aman dan tidak membahayakan untuk berinteraksi dengan wisatawan. Ubur-ubur dengan warna dominan kuning dan oranye ini sangat banyak jumlahnya di pulau Kakaban. Para ubur-ubur terlihat berenang dengan bebas dan dapat anda saksikan langsung tanpa harus menyelam. 
Bagi anda yang tidak ingin hanya melihat para ubur-ubur berenang, juga dapat berenang bersama ubur-ubur ini. Anda tidak perlu khawatir ubur-ubur ini akan menyengat anda, seperti yang sering anda lihat di berbagai acara televisi.

Berenang dengan ubur-ubur dimungkinkan di pulau Kakaban dan merupakan salah satu wisata alam bawah laut yang sangat dinikmati oleh para wisatawan. Ubur-ubur jenis Aurelia, Casiopea, dan Mastigias Papua ini tidak menyengat. Ubur-ubur ini berenang dengan bebas bahkan ketika terdapat banyak wisatawan yang ikut berenang di sekitarnya. 

Namun, penting untuk diperhatikan wisatawan sangat dilarang untuk berenang menggunakan peralatan seperti kaki katak atau fin. Karena benda tersebut akan membahayakan jika terkena pada ubur-ubur yang sangat lemah ini.

Indahnya Lubang Ikan Tersembunyi di Pulau Kakaban


Selain keberadaan ubur-ubur yang tidak menyengat, ternyata terdapat tempat menarik lainnya di pulau Kakaban yang sayang untuk dilewatkan. Berdasarkan sejarah pembentukannya, pulau Kakaban kemudian terbentu menjadi sangat istimewa dengan danau ubur-uburnya, serta beberapa tempat tersembunyi yang hanya bisa anda nikmati di sini.

Salah satu tempat tersebut adalah lubang ikan yang dikenal dengan nama Kehe Daeng. Lubang ikan ini akan membawa anda ke dalam Laguna dengan warna air laut hijau tosca. Keindahan Laguna tidak berhenti sampai di situ saja, lubang ikan yang menyerupai goa ini akan menampakkan banyak jenis hewan laut pada para wisatawan yang melakukan perjalanan menuju Laguna melalui goa. 

melihat laguna kakaban island
kakaban island source: pinterest
Anda juga akan menikmati banyak keindahan alam laut di Laguna ini, terutama ketika air sedang surut setelah pasang. Karena air laut akan membawa banyak jenis ikan dan makhluk hidup laut lainnya yang terdampar pada pinggir-pinggir goa. Setelah melewati goa ini, anda kemudian dapat keluar dengan menaiki tangga yang juga sangat menarik perhatian.

Banyaknya keunikan di pulau Kakaban ini akan sangat banyak jika dijelaskan satu per satu. Latar belakang terbentuknya pulau Kakaban ini juga menarik banyak perhatian peneliti untuk mempelajari banyak keunikan, seperti misalnya ubur-ubur yang tidak menyengat dan lubang goa yang terhubung dengan laut.

Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik mengunjungi kepulauan Derawan, maka jangan sampai anda tidak mengunjungi pulau Kakaban ini. Pulau Kakaban merupakan salah satu pulau terbaik dan terunik yang dimiliki oleh Indonesia. Jadi selamat menikmati keindahannya!

0 komentar