Tuesday, July 25, 2017

Pulau Padar Primadona Wisata Nusa Tenggara Timur

Pulau padar merupakan salah satu pulau yang menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo. Selain pulau Komodo, terdapat beberapa pulau lagi di Taman Nasional Komodo yang keindahan alamnya menjanjikan kepuasan pada mata anda. Salah satunya adalah pulau Pandar ini, walau merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo diketahui sudah tidak dihuni lagi oleh Komodo.

Keberadaan Komodo yang semakin hari semakin berkurang, menyebabkan habitat Komodo saat ini berpusat ke beberapa pulau saja. Pulau Padar sudah tidak dihuni lagi oleh Komodo, namun hal ini tidak mengurangi keinginan wisatawan untuk tetap berkunjung dan menikmati keindahan alam di Timur Nusa Tenggara.
pulau padar primadona wisata nusa tenggara timur
Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur source:Pinterest.com

Pulau Padar sebagai primadona wisata dapat dijelaskan dengan keindahan pantainya yang memiliki pasir berwarna pink (merah muda). Hamparan indah pasir pantai dan beberapa pulau kecil di sekitarnya menjadikan pulau Padar semakin mempesona para wisatawan. 

Keindahan alam pulau Padar inilah yang kemudian dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Bagi anda yang penasaran apa saja yang dapat anda nikmati dengan berwisata ke pulau Padar, berikut ini beberapa gambaran pulau Padar yang bisa kami sampaikan.

Bukit Pemisah Dua Pantai Cantik di Pulau Padar


Letak pulau Padar masih ada di daerah Labuan Bajo. Sebagai salah satu pulau di Taman Nasional Komodo, pulau Padar diketahui memiliki ukuran terbesar ketiga setelah pulau Komodo tentunya dan juga pulau Rinca. Ketiga pulau ini juga diketahui sebagai pulau yang paling banyak menarik perhatian para pengunjung.
bukit pulau padar
Bukit di Pulau Padar source:pinterest.com

Yang menarik dari pulau Padar adalah keberadaan bukit-bukit yang menanjak tinggi. Puncak-puncak bukit ini akan menampakkan keindahan pulau yang tidak dapat dideskripsikan dengan kata-kata. Puncak bukit di pulau Pandar ini harus ditempuh dengan tracking yang cukup melelahkan, namun pasti akan terbayar dengan panorama keindahan alam yang akan anda saksikan langsung dari atas bukit. Bukit ini juga akan menampakkan dua pulau yang dipisahkan oleh Selat Lintah. 

Walaupun tidak memiliki Komodo lagi, pulau Padar diakui masih memiliki keindahan panorama yang terbaik dari pulau-pulau di Taman Wisata Komodo. Hal inilah yang menjadi alasan pulau Padar masih layak disebut sebagai primadona wisata Nusa Tenggara Timur.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bukit-bukit di pulau Padar ini juga menjadi pemisah pantai-pantai di pulau tersebut. Salah satunya adalah pantai Pink. Keindahan pantai yang memiliki warna kontras antara pasir dan laut menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini. 

Laut di lepas pantai Nusa Tenggara Timur terkenal dengan warnanya yang biru Kristal dan memantulkan warna pelangi dari sinar matahari. Hal ini juga yang menyebabkan pecinta wisata alam laut daerah Nusa Tenggara Timur masih terus menjadi idola.

Akses Transportasi Menuju Pulau Pandar


Perjalanan untuk menikmati keindahan pulau Padar ini ternyata cukup panjang untuk dilalui. Bagi anda yang berasal cukup jauh dari Nusa Tenggara Timur tentunya harus melalui perjalanan udara. Perjalanan udara dimulai dari bandara apapun di daerah anda dengan tujuan penerbangan Labuan Bajo. 
pantai pulau padar nusa tenggara timur
Pantai Pulau Padar souce:pinterest.com

Sesampainya di bandar Labuan Bajo anda harus menyewa mobil untuk menuju ke pelabuhan. Pelabuhan ini akan menawarkan kapal untuk melakukan perjalanan Hopping Island atau Sailing Komodo. Biaya perjalanan ini cukup tinggi, namun dapat anda tawar secara langsung ke para anak buah kapal.

Bila anda ingin melakukan perjalanan darat, tentu waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih lama. Anda harus melewati beberapa jalur darat dan penyeberangan feri untuk menuju ke Flores. Sesampainya di Flores, pergilah menuju pelabuhan Labuan Bajo. Sesudahnya, sama seperti sebelumnya anda harus menawar harga kapal untuk mengelilingi pulau-pulau di Taman Nasional Komodo ini. 

Selama perjalanan mengelilingi pulau, anda akan tidur dan makan di atas kapal. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak terbiasa dengan perjalanan kapal maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat anti mabuk. Kedua akses transportasi menuju pulau Padar di atas memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi jangan khawatir, karena biaya tersebut sangat sesuai dengan panorama yang indah yang tidak bisa anda saksikan di tempat lain.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Pulau Padar Primadona Wisata Nusa Tenggara Timur. Selamat bersenang-senang dan menikmati perjalanan anda!

0 komentar