Tuesday, August 1, 2017

Gunung Latimojong Pesona Hutan Lumut di Atas Awan

Sulawesi selatan dengan ibukotanya Makassar merupakan daerah yang saat ini cukup banyak diminati sebagai tempat wisata menghabiskan liburan. Walau daerah Sulawesi Selatan sudah banyak dikunjungi wisatawan, namun masih banyak yang belum mengetahui keberadaan tempat wisata gunung Latimojong ini. Wisata dengan melakukan pendakian gunung memang tidak semua orang menikmatinya. Akan tetapi, gunung latimojong yang satu ini merupakan salah satu gunung dengan keindahan alam terbaik yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, kali ini kami akan menggambarkan keindahan dari gunung latimojong dan pesona hutan lumutnya berikut ini.

Panduan Transportasi Menuju Gunung Latimojong


Tentunya wisata pendakian gunung tidak dapat terdeskripsi jelas tanpa panduan transportasi menuju gunung tersebut dahulu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa panduan transportasi yang dapat anda pertimbangkan dalam perjalanan menuju gunung latimojong dari manapun anda berada.

Lokasi Wisata Gunung Latimojong
Gunung Latimojong
Gunung latimojong berlokasi di perbatasan antara wilayah enrekang, toraja, dan palopo. Ketiga daerah ini merupakan daerah di Sulawesi Selatan yang cukup terkenal keberadaannya. Bagi anda yang berasal dari pulau Sulawesi, tentunya harus melakukan perjalanan terlebih melalui udara dahulu. Bagi anda yang berasal dari pulau Jawa dan Sumatera khususnya, karena penyeberangan melalui jarak laut sangatlah memakan waktu menuju Sulawesi Selatan. Setelah sampai di kota Makassar, maka anda perlu melakukan perjalanan darat menuju Baraka, dusun yang persinggahan sebelum sampai ke tempat gunung latimojong berada. Perjalanan dari kota Makassar menuju Baraka ini diketahui mennghabiskan waktu selama sedikitnya 6 jam. Biasanya di pusat kota ada trasnportasi berupa mobil panther untuk mengantarkan anda ke Baraka.

Sesampainya di Baraka, anda harus melakukan perjalanan dengan menggunakan truk atau jeep. Truk atau jeep ini akan membawa anda ke dusun rantelemo. Perjalanan dari pasar Baraka menuju dusun rantelemo ini sangat mirip seperti perjalanan menuju ke gunung Bromo, jika anda sudah pernah mengalaminya. Sesampainya di dusun rantelemo anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk masuk ke dusun karangan. Dari dusun karangan inilah perjalanan pendakian gunung latimojon dapat dimulai.

Gunung Latimojong Saksi Indahnya Hutan Lumut


Setelah melalui perjalanan menuju dusun karangan yang cukup panjang, dari sinilah pendakian gunung latimojong sudah dimulai. Anda akan menyaksikan bagaimana dusun karangan menampilkan keindahan bangunan-bangunan tradisional yang sudah hilang dari perkotaan. Sambil mencari pos pendakian pertama, anda juga dapat bercengkerama dengan warga asli dusun karangan yang ternyata sangat ramah dengan wisatawan.

Pos pertama pendakian akan anda temukan kira-kira setelah satu jam perjalanan dari dusun karangan. Perjalanan awal ini memang sudah cukup menyulitkan bagi para pendaki. Kendala utama tentunya adalah jalur pendakian yang berbukit-bukit adanya. Selama perjalanan pendakian awal ini anda juga akan melewati banyak perkebunan milik warga, seperti kebun kopi dan kebun jagung. Perjalanan ini juga akan melewati sumber air yang harus anda manfaatkan jika anda tidak membawa persediaan air yang banyak. Lintasan pendakian pun tergolong membingungkan, oleh karena itu banyaklah bertanya dengan para warga yang anda temui.
Selanjutnya, perjalanan dari pos pendakian pertama ke pos kedua dapat anda lanjutkan dengan menempuh waktu kira kira 50 menit. Pendakian semakin sulit lagi rutenya, melewati bukit dan lembah dan naik turunnya permukaan adalah tantangan tersendiri dari pendakian ini. Tantangan terberat kemudian akan anda temui saat melakukan pendakian ke pos ketiga. Anda akan mendaki dengan tanjakan yang kemiringannya mencapai hingga 80 derajat. Tentunya tidak mudah untuk mendaki dengan kemiringan sebesar ini. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian dan postur tubuh yang seimbang saat berjalang menyusuri tanjakan ini.

panduan wisata ke gunung latimojong
Panduan Menuju Latimojong
Keindahan hutan lumut kemudian akan anda temui setelah melalui perjalanan menuju pos keempat. Waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam dari pos ketiga. Jalanannya masih menanjak, namun tidak setajam sudut sebelumnya. Pemandangan di titik ini adalah salah satu pemandangan terbaik yang dimiliki gunung latimojong sulawesi selatan. Pohon-pohon dengan lumut yang tumbuh menyelimutinya membuat daerah ini sangat menakjubkan keberadaannya. Hutan lumut adalah nama dari titik ini dikenal. Kebanyakan pendaki akan menikmati keindahannya sebelum kemudian memutuskan melanjutkan pendakian atau kembali turun.

Masih ada sekitar 2 jam lamanya lagi pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung latimojong. Waktu yang sangat panjang memang tapi anda kemudian dapat menikmati keindahan alam di atas awan yang tidak dapat anda nikmati dengan mudah di lain waktu. Oleh karena itu, pendakian lanjutan sangat disarankan bagi anda yang sudah mencapai ke hutan lumut.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Gunung Latimojong Pesona Hutan Lumut di Atas Awan. Semoga informasi ini dapat menginspirasi perjalanan anda selanjutnya.

Source gambar: pinterest.com

0 komentar