Tuesday, August 1, 2017

Keunikan dan Kisah Pilu Danau Tolire Maluku Utara

Danau Tolire adalah salah satu objek wisata di Indonesia yang sangat unik tetapi belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Danau yang berlokasi di Ternate, Maluku Utara ini merupakan danau yang sangat unik baik dari bentuknya pun dari cerita rakyat yang dipercaya mengenai danau tersebut. Perlahan-lahan danau tolire ini mulai menarik perhatian wisatawan.

Selain karena letaknya yang berada di bawah kaki gunung Gamalama, danau tolire juga banyak menarik wisatawan karena keindahan alam yang ditawarkannya. Banyak wisatawan yang ingin mengunjungi gunung Gamalama kemudian juga memutuskan untuk mengunjungi danau tolire dan menyaksikan sendiri danau yang unik ini.
Wisata Danau tolire maluku utara
Danau Tolire, Maluku Utara

Anda yang tertarik mengunjungi danau tolire tentunya penasaran mengenai cerita rakyat di balik terbentuknya danau ini dan juga kisah-kisah misterius yang sering diceritakan oleh masyarakat di daerah ini. Simaklah cerita rakyat mengenai terbentuknya danau tolire berikut ini.

Kisah Danau Tolire Ternate


Danau tolire memiliki cerita yang pilu dibalik keindahannya. Seperti diketahui danau tolire terbagi menjadi dua bagian yaitu danau tolire kecil dan danau tolire besar. Kedua danau ini menurut cerita rakyat terbentuk dari tenggelamnya suatu desa di kaki gunung Gamalama.

Keindahan danau tolire
Danau Tolire
Desa tersebut dahulu kala memiliki pemimpin desa yang sangat dihormati oleh penduduknya. Sayangnya, pemimpin desa ini diketahui berbuat zinah dengan anak perempuannya. Perbuatan ini diketahui oleh masyarakat dan pemimpin desa serta anaknya tersebut di usir keluar dari desa. Akan tetapi, sebelum keduanya pergi terjadi gempa bumi dahsyat yang memusnahkan seluruh desa dan menenggelamkannya menjadi sebuah danau. Hal inilah yang menyebabkan terdapat danau yang besar di tengah kaki pegunungan Gamalama. Akan tetapi, anak perempuan tadi sempat kabur dan lari hingga ke pesisir laut. Sayangnya, kutukan untuk perbuatan yang dilakukannya tetap mengikutinya. Oleh karena itulah terdapat juga danau tolire kecil dekat dari pinggir pantai yang menyimbolkan tempat pelarian si anak perempuan.
Demikianlah cerita pilu di balik keindahan alam dari danau yang misterius ini.. Selain cerita pilu ini ada bermacam-macam hal menarik yang banyak menjadi desas-desus mengenai wisata danau tolire. Anda ingin tahu apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Melempar Batu ke Danau Tolire untuk Mewujudkan Impian


Danau tolire yang berukuran besar dan berada di kaki gunung Gamalama menurut beberapa saksi mata memiliki buaya putih yang sering muncul ke permukaan. Sampai saat ini belum ada yang dapat memastikan kebenaran dari keberadaan buaya putih ini. Namun, tidak satu atau dua orang yang sudah membicarakannya. Bahkan wisatawan lokal dan mancanegara pernah mengakui melihat keberadaan buaya putih itu.

Hal menarik yang dapat dilakukan di danau tolire besar ini adalah melakukan pelemparan batu untuk mewujudkan impian. Menurut beberapa sumber setiap batu yang dilemparkan dari pinggir danau tidak akan penah mencapai danau tersebut. Entah akibat dari perspektif atau memang benar adanya, setiap batu yang dilemparkan oleh wisatawan tidak terlihat mencapai permukaan laut bahkan bisa kembali ke titik pelemparan. Hal inilah yang membuat pelemparan batu ke danau menjadi salah satu aktivitas wajib yang harus dilakukan. Di sekitar danau sulit untuk mendapatkan batu. Oleh karena itu, anda harus membeli batu dari anak-anak yang berjualan disekitar danau.
Lokasi Danau Tolire
Keunikan danau tolire

Peneliti banyak yang datang untuk mempelajari mengenai danau ini dan keunikan-keunikannya. Seperti dapat dilihat dari pinggir tebing danau, terdapat banyak ikan di danau. Akan tetapi tidak ada masyarakat yang berani menangkap ikan-ikan tersebut. Peneliti yang sudah datang pun sampai saat ini belum dapat mengetahui berapa kedalaman dari dasar laut. Banyaknya misteri di balik danau ini membuatnya semakin menarik untuk wisatawan. Oleh karena itu, wisatawan pun semakin banyak diketahui mengunjunginya hanya untuk sekedar membuktikan rumor pelemparan batu.

Sekitar pinggir danau ini banyak tempat-tempat teduh yang dapat anda manfaatkan untuk mengambil gambar atau beristirahat sejenak. Akan tetapi pastikanlah untuk menjaga alam di sekitar danau. Walau penuh misteri danau tolire tetap menarik karena keindahannya. Oleh karena itu, jangan ragu mengunjungi danau dan alami sendiri melempar batu yang tidak pernah sampai ke danau. Selamat mencoba!

sumber gambar : pinterest.com

0 komentar