Saturday, September 30, 2017

Nikmati Eksotisnya Berwisata di Telaga Ngebel Ponorogo

Wisata Alam – Siapa sangka bahwa di kota berjuluk “Kota Reog” ini menyimpan sebuah destinasi wisata alam yang begitu mengagumkan?! Ya, Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang dikenal dunia lewat kesenian Tari Reog-nya yang atraktif dan mempesona. Dan ternyata selain warisan dunia berupa Kesenian Reog tersebut, Kabupaten Ponorogo juga memiliki destinasi wisata alam yang patut diandalkan. Apalagi kalau bukan “Telaga Ngebel”.

Telaga Ngebel merupakan salah satu icon wisata terpopuler di wilayah Ponorogo yang terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan. Letaknya yang hanya berjarak 30 KM dari pusat Kota pun menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan dari dalam Ponorogo maupun dari berbagai daerah lain. Karenanya, kamu datang ke Kabupaten Ponorogo menjadi tak lengkap jika kamu belum berkunjung ke telaga alam nan indah ini.
Eksotisnya berwisata di telaga ngebel ponorogo
Telaga Ngebel Ponorogo | by:deviantart.net

Berwisata di Telaga Ngebel Ponorogo

Bagi kamu yang hobi berwisata di alam bebas, bisa dibilang Telaga Ngebel ini surganya para traveler sepertimu. Bagaimana tidak, telaga yang terbentuk secara alami karena aliran deras yang berasal dari sumber air Kanal Santen dan Air Terjun Toyomarto ini punya segudang spot menarik untuk kamu jelajahi. Sebab Telaga Ngebel ini sendiri memiliki luas sekitar 5 KM lebih! Wah, bisa dibayangkan betapa luasnya area jelajahmu di telaga ini!

Selayaknya kekhasan telaga atau danau lain yang terbentuk melalui proses alam, Telaga Ngebel pun memiliki kekhasan berupa air telaganya yang jernih kehijauan akibat aktivitas biota air di bawah telaga. Berbagai pepohonan hijau nan rimbun di sekeliling Telaga Ngebel pun menambah kemolekan primadona wisata ini. 
Berwisaa di Telaga Ngebel Ponorogo
Pemandangan Gunung Wilis di Telaga Ngebel  | by:www.explorerwisata.com

Apalagi karena posisinya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Wilis, membuat area Telaga Ngebel ini berhawa dingin sejuk khas dataran tinggi. Normalnya suhu udara di Telaga ini berkisar pada suhu 20-260C! Tak heran, banyak wisatawan dan traveler yang betah untuk berlama-lama saat mengunjungi telaga alam ini.

Oh ya, jangan heran jika tengah mengelilingi Telaga Ngebel ini kamu menjumpai banyak keramba ikan di tengah danau dan orang-orang desa yang lalu lalang untuk memancing di tepi telaga. Sebab memang Telaga Ngebel ini bisa dibilang masih sangat alami, sehingga masih menjadi habitat ideal untuk ikan-ikan air tawar berkembang biak. 


Oleh karena itu, banyak warga desa setempat yang memanfaatkannya untuk berbudidaya ikan dalam keramba di tengah telaga nan luas ini. Jika kamu suka memancing, tak ada salahnya untuk menyalurkan hobby tersebut sambil menikmati cantiknya alam Ngebel. Sungguh wisata alam yang sangat tepat untuk mengobati kepenatan kehidupan perkotaan!

Wisata Alam Murah Meriah di Telaga Ngebel


Nah, dari ulasan di atas, tentu banyak yang bertanya-tanya berapa budget yang sekiranya perlu dipersiapkan jika ingin mencicipi keindahan alam Telaga Ngebel ini? Beruntunglah para backpacker dan pecinta wisata alam yang murah meriah! Sebab Telaga Ngebel menawarkan keeksotisan alamnya dengan biaya yang sangat terjangkau. 

Bayangkan, untuk tiket masuk ke telaga ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000,- saja per orang. Jika kamu membawa kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, maka nanti di area parkir Telaga Ngebel kamu hanya perlu membayar parkir Rp 2.000,-/motor atau Rp 3.000,-/mobil. Biaya yang sangat murah jika dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkan destinasi wisata ini.
Wisata Telaga Ngebel Ponorogo
Telaga Ngebel by:www.2beeready.org

Selain itu, tersedia juga kendaraan air yang murah meriah jika kamu ingin menjelajahi Telaga Ngebel bersama teman-teman, keluarga ataupun pasangan. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000,- loh untuk bisa naik “Bus Air” yang tersedia di sana! Bus Air ini akan mengantarkanmu berkeliling Telaga Ngebel dengan santai bersama para penumpang lainnya. 

Sebuah Bus Air bisa menampung penumpang sebanyak 15-20 orang. Karena model Bus Air ini yang didesain terbuka, maka kamu pun bisa mengeksplore keindahan Telaga Ngebel secara leluasa terutama jika kamu hendak mengabadikannya lewat jepretan kamera.Jika ingin lebih memacu adrenalin, maka menyewa Speed Boat bisa jadi alternatif pilihan buatmu. Biaya sewa yang hanya sebesar Rp 60.000,- untuk sekali sewa tentu cukup sebanding dengan sensasi dan keseruan yang bisa kamu rasakan bersama rombongan wisatamu

Memburu Kuliner Khas Telaga Ngebel

Berwisata tentu menjadi tak afdhol jika tak sekalian memburu kulinernya. Kuliner Khas Telaga Ngebel pun berjajar di sekeliling telaga, menyuguhkan berbagai menu. Yang paling terkenal tentu saja sajian khas dari Ikan Nila hasil keramba dari Telaga Ngebel serta Nasi Tiwul Goreng. Tiwul merupakan makanan pokok warga desa yang berasal dari tepung gaplek (singkong yang dijemur kering lalu dihaluskan menjadi tepung). 

Nah, Tiwul inilah yang lantas diolah menjadi sajian layaknya nasi goreng. Rasanya yang begitu khas pasti membuatmu tak akan mudah melupakan Keunikan Telaga Ngebel. Harga yang ditawarkan setiap rumah makan biasanya bervariasi karena setiap rumah makan atau warung makan ini punya resep andalannya masing-masing. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?
Sajian Khas Telaga Ngebel
Ikan Nila Telaga Ngebel

Akses Menuju Lokasi Telaga Yang Rusak Akibat Penambangan Pasir Liar

Sayangnya, eksotisme Telaga Ngebel kurang didukung dari segi akses jalan menuju lokasi yang masih terbilang “apa adanya”. Bahkan di banyak bagian jalan menuju lokasi ngebel terdapat berbagai kerusakan jalan mulai dari yang bersifat kerusakan sedang hingga rusak parah. Hal ini tak lain akibat aktivitas tambang pasir liar yang membuat banyak truk-truk bermuatan berat sering berlalu lalang melewati jalan menuju lokasi Telaga Ngebel. Alhasil, jalanan aspal yang tak begitu tebal pun lama kelamaan mulai rusak

Oleh sebab itu, jika kamu berminat berwisata kesini, tentu harus sangat berhati-hati saat melewati jalanan yang rusak tersebut. Namun, meskipun akses menuju lokasi yang kurang terawat tersebut tak menyurutkan atensi masyarakat dan wisatawan untuk terus berdatangan ke Telaga Ngebel ini sendiri. Sebab sesampainya di lokasi, tentu semua akan terobati oleh indahnya panorama alam yang seakan membius setiap pengunjungnya.

0 komentar