Thursday, September 21, 2017

Wisata Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung

Tempat wisata Teluk Kiluan adalah sebuah objek wisata di Lampung yang terkenal dengan lumba-lumba, banyak wisatawan mengunjungi Teluk Kiluan tidak hanya untuk melihat kehadiran lumba-lumba namun mereka juga menikmati eksotisme alam yang ada disana, khususnya penikmat perjalanan dalam negeri.

Teluk Kiluan dikenal sebagai wilayah observasi salah satu habitat yang jarang di lihat yaitu lumba-lumba seperti yang anda ketahui daya tarik lumba-lumba menjadikan tempat wisata teluk kiluan ini menjadi terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.
Lumba-lumba Teluk Kiluan
Lumba-lumba Teluk Kiluan

Teluk Kiluan sangat dikenal dan menjadi salah satu impian di kalangan backpaker karena akses menuju teluk kiluan tergolong ekstrim selain itu anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut di Teluk Kiluan.

Wisata Lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung

Kiluan atau lebih lengkapnya disebut Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung ini memang sangat mengagumkan karena keindahan yang sangat mempesona. Dari Bandar Lampung menuju lokasi Desa Kiluan Negeri ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3-7 jam perjalanan, dengan melalui rute perbukitan yang anda akan ditawarkan pemandangan yang indah. Rute dari Lampung anda akan melewati beberapa tempat seperti Teluk Betung setelah itu melewati Lempasing, Markas Komando Brigif 3 Marinir danPadang Cermin setelah itu spot terakhir Desa Bawang Kelumbayan, hingga tiba desa Kiluan Negeri.

Untuk melepas penat dari rutinitas kehidupan kota amat terasa karena desa ini masih belum sama sekali tersentuh jaringan PLN akan terasa sangat menyatu dengan alam selain itu jaringan telepon seluler juga belum mencapai desa ini oleh karena itu jika anda ingin benar-benar melepas suasana yang terlalu sibuk dengan keramaian kota sosial media dan lainnya Pekon (desa) Kiluan adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi.

Dari beberapa informasi yang diperoleh mengenai Teluk Kiluan, Teluk Kiluan merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Lampung yang mempunyai keunikan di berbagai tempat dan keindahan alamnya. Jika anda berkunjung ke sini maka akan ada banyak pengangalaman yang akan anda dapatkan. Nah seperti apa saja pengalaman dapat anda nikmati di Teluk Kiluan ini?
Tempat wisata teluk Kiluan Lampung
Wisata lumba-lumba Teluk Kiluan

Hampir sama seperti di Pantai Lovina, Bali. Teluk Kiluan juga menawarkan pengalaman untuk melihat lumba-lumba langsung dari habitatnya. Pengalaman melihat lumba-lumba di lautan memang sangat jarang di temukan di berbagai daerah, dan sangat jarang juga orang dapat merasakan sensasi seperti ini. Sangatlah disayangkan jika anda tidak melihat lumba-lumba yang telah dilatih dan jinak ini. 
Untuk melihat lumba-lumba tidak sembarang juga, kita harus menentukan waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba dari Teluk Kiluan, bulan April sampai September adalah bulan yang sangat baik karena kemungkinan anda untuk melihat lumba-lumba teluk kiluan sangat besar, di bulan tersebut merupakan musim kemarau. Saran kami, sebelum anda berangkat akan lebih baik bertanya terlebih dahulu pada pengelola homestay karena mereka sudah berpengalaman dan tahu mengenai cuaca dan spot tempat melihat lumba-lumba, karena cuaca sangat mempengaruhi kemunculan sekelompok lumba-lumba secara alami di Teluk Kiluan.

Hal-hal Menarik Wisata di Teluk Kiluan

Banyak hal menarik yang dapat anda lakukan ketika wisata di Teluk Kiluan Lampung. Salah satu hal yang menarik di Teluk Kiluan ini adalah masyarakat setempat yang sangat dominan dan ramah kepada pengunjung. Karena sebagian besar warga Teluk Kiluan bersedia menjadikan rumahnya sebagai homestay bagi para wisatawan yang ingin menginap.

Hal menarik lainnya adalah ketika anda dalam perjalanan, menuju teluk kiluan karena pengalaman melewati tempat-tempat baru merupakan hal yang sangat tidak terlupakan, selain itu memilih homstay yang di sediakan masyarakat setempat, setiap pengunjung teluk kiluan disambut dengan ramah oleh warga setempat, apalagi pemilik rumah yang bersedia menjadikan rumahnya menjadi homestay rasa kekeluargaan dan berkomunikasi dengan warga yang ramah merupakan hal menarik bagi wisatawan.
Hal Menarik Wisata di Teluk Kiluan Lampung
Hal Menarik di Teluk Kiluan

Dan yang paling menarik adalah saat kita menjelajahi teluk kiluan menggunakan perahu dari warga setempat, menjelajahi teluk kiluan beserta melihat lumba-lumba dan pemandangan pulau-pulau yang indah baik di luar maupun dibawah air dengan melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling merupakan hal yang paling menarik dan sulit untuk dilupakan dan juga merupakan tujuan utama para wisatawan untuk datang ke teluk kiluan lampung.

Fasilitas dan Akomodasi Wisata di Teluk Kiluan Lampung

Pariwisata Teluk Kiluan merupakan tempat wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, oleh karena itu resort dan hotel terdekat masih belum ada, dengan begitu akomodasi yang disediakan warga setempat adalah rumah warga sebagai homestay untuk wisatawan mengingap untuk harga sewa tergantung fasilitas yang dibutuhkan dan disediakan selama berada di Kiluan, anda dapat negosiasi masalah harga dengan warga sekitar.
Fasilitas dan akomodasi wisata di Teluk Kiluan
Fasilitas dan akomodasi di Teluk Kiluan
Warga di sini cukup ramah dan baik mereka tidak mematok harga tinggi untuk memberikan fasilitas akomodasi dan transportasi. Biasanya tarif sewa kapal dan perahu untuk melihat lumba-lumba maupun sekedar memancing sekitar Rp250.000 sampai Rp450.000 per trip (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Sedangkan, untuk biaya homestay sekitar Rp300.000 sampai Rp500.000 per rumah (harga sewaktu-waktu bisa berubah)biasanya dapat menampung hingga 5-10 orang.

Sekian pembahasan kami tentang Wisata Lumba-Lumba di Teluk Kiluan Lampung, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata ke Teluk Kiluan untuk melihat lumba-lumba dan semoga tetap tergaja keindahannya, akomodasi dan fasilitas lebih lengkap dari sebelumnya untuk kenyamanan pengunjung agar dapat dinikmati sampai anak cucu kita nantinya. Terima Kasih

0 komentar