Sunday, December 3, 2017

Taman Wisata Mangrove Sukadana Kabupaten Kayong Utara (KKU)

Tempat Wisata Alam merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan bagi para pecinta wisata alam. Karena selain dapat menikmati keindahan, wisata alam juga dapat memberikan kesejukan dan kesegaran udara yang kita hirup, sehingga dapat menimbulkan suasana tenang, sangat baik untuk menghilangkan galau, stress dan lain-lain.
taman wisata mangrove sukadana kayong utara
Wisata Mangrove Sukadana | sumber foto:www.instagram.com/bambang_sakti

Dengan adanya tempat wisata mangrove di sukadana merupakan salah satu tempat wisata alam yang bisa menjaga kelestarian lingkungan, hal tersebut disebabkan wisata mangrove di sukadana merupakan salah satu program penghijauan, selain itu dengan adanya wisata mangrove ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan sekitar.

Taman Mangrove di Sukadana Kabupaten Kayong Utara (KKU)

Tempat wisata di Kalimantan barat, khususnya di kabupaten Kayong Utara memiliki wajah baru dengan adanya tempat wisata mangrove di Sukadana dan mulai ramai diperbincangkan media sosial. Taman mangrove merupakan tanaman atau pohon bakau yang biasa ditemukan di daerah tepian pantai. Fungsi tanaman bakau itu sendiri biasanya bermanfaat untuk mencegah pengikisan tanah di pinggir pantai dari hantaman gelombang air laut.

Oleh sebab itu dengan adanya tempat wisata mangrove ini sangat berguna sekali. Pemerintah setempat menata hutan mangrove ini agar lebih bermanfaat dari segi pariwisatanya sehingga sekarang telah menjadi tempat wisata yang merupakan tempat yang sedang hits di kabupaten kayong utara.


Meskipun Taman wisata Mangrove di Sukadana masih belum benar-benar jadi (tahap pengembangan) namun para pengunjung sudah ramai sekali berdatangan dari berbagai daerah untuk menikmati keindahan tempat wisata mangrove kabupaten kayong utara ini. Berhubung masih tahap pengembangan maka jangan heran jika nanti pada saat anda berkunjung ke tempat Taman Mangrove ini masih banyak fasilitas sebagai penunjang tempat wisata yang belum tersedia.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mangrove Sukadana

Untuk menikmati keindahan wisata mangrove di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis (tarif bisa berubah). Dengan begitu wisatawan bisa berkunjung sepuasnya disana.

Menikmati keindahan Taman Wisata Mangrove Sukadana bisa dengan menyusuri jembatan panjang yang membelah hutan bakau, jembatan ini terbuat dari papan kayu belian yang didesain sedemikian rupa dengan hiasan kiri kananya tanaman bakau yang nampak indah, yang bisa anda jadikan tempat untuk berfoto bersama keluarga maupun sahabat saat berada di Taman wisata tersebut.

Menyusuri jembatan yang ada didalam taman Magrove tersebut merupakan salah satu hal yang menyenangkan dan menjadi daya tarik utama taman ini, karena anda akan bisa lebih dekat menikmati keindahan hutan bakau.

Akses / Lokasi Taman Wisata Mangrove Sukadana

Tempat wisata baru kayong utara ini biasanya ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar pada saat sore hari sebagai tempat jalan-jalan yang menyenangkan sambil menyusuri keindahan hutan bakau. Tidak hanya itu Lokasi Taman Wisata Mangrove di Sukadana juga berdekatan dengan lokasi tempat Wisata Pantai Pulau Datok sehingga pengunjung bisa berliburan di hutan bakau sekaligus menikmati pesona pantai pulau datok. Letak lokasi taman mangrove ini sendiri berada di dekat pasar ikan/TPI sukadana yang masih satu arah dengan jalan tempat wisata pantai pulau datok.


Akses menuju taman wisata mangrove di Sukadana juga sangat mudah, anda bisa menggunakan mobil, jasa rental mobil, motor, ojek , bis. Karena jalan menuju wisata mangrove sudah beraspal dan lebar sehingga memudahkan pengunjung menuju taman wisata mangrove ini.
Lokasi Taman Wisata Hutan Mangrove Sukadana
Wisata Mangrove Sukadana Kayong Utara | foto by:www.facebook.com/alex.halmar.9

Untuk wisatawan luar Kabupaten Kayong Utara masih belum terlalu banyak hal tersebut disebabkan karena Tempat wisata mangrove di sukadana ini masih belum di kenal oleh masyarakat luas, hambatan lainnya adalah wisatawan tidak tahu dimana tepatnya lokasi taman wisata mangrove sukadana ini. Rata-rata pengunjung taman mangrove sukadana ini berasal dari masyarakat setempat dan masyarakat kabupaten Ketapang.

Rute Kelokasi Taman Wisata Mangrove Sukadana

Untuk mencapai lokasi wisata mangrove sukadan jika anda memulai perjalanan kota pontianak maka bisa di tempuh melewati dua rute yaitu Pontianak - sukada dan Pontianak - Ketapang (dengan menggunakan Pesawat) lebih jelasnya silahkan panduan untuk rute dibawah ini:

Rute menuju lokasi Taman Wisata Mangrove Sukadana jika dari Kota Pontianak Bisa menggunakan transportasi air yaitu speedboat dengan waktu tempuh kurang 5 jam perjalanan dengan tujuan Pontianak menuju Sukadana. Setelah itu dari pelabuhan Sukadana speedboat ke Taman wisata Mangrove tidak jauh lagi hanya memakan waktu sekitar 10 menit saja, karena di daerah tersebut belum ada kendaraan umum ada beberapa alternatif yang bisa anda gunakan yaitu jasa ojek sebagai pilihan. jalannya sama menuju arah Pantai pulau Datok.

Sedangkan bagi yang ingin menggunakan jalur udara, perjalan dimulai dari bandara Supadio Pontianak menuju Bandara Rahadi Oesman Ketapang, setelah sampai ke Bandara Rahadi Oesman anda bisa menggunakan taksi dengan tujuan Sukadana dengan waktu kurang lebih 1,5 jam, dengan menggunakan jasa taksi anda juga bisa langsung minta antar ke tempat lokasi wisata mangrove.

Demikian informasi tentang wisata mangrove sukadana, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berwisata ke sana. Selamat berlibur.

0 komentar